KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA BENCHMARKING

Main Article Content

Emmi Kholilah Harahap
Sumarto

Abstract

Kepemimpinan pendidikan Islam adalah pemimpin pada satu lembaga satuan pendidikan Islam. Tanpa kehadiran kepemimpinan pendidikan Islam proses pendidikan Islam termasuk pembelajaran tidak akan berjalan efektif. Kepemimpinan pendidikan adalah pemimpin yang proses keberadaannya dapat dipilih secara lansung, ditetapkan yayasan atau ditetapkan oleh pemerintah. Kepemimpinan di madrasah adalah proses membimbing dan membangkitkan bakat dan energi guru, murid dan orang tua untuk mencapai tujuan pendidikan yang dikehendaki.


Kepemimpinan Madrasah mulai dikenal luas mulai abad ke-20 dengan beberapa alasan yaitu: (1) tuntutan pada madrasah untuk mencapai prestasi siswa pada tingkat yang lebih tinggi, (2) madrasah diharapkan melakukan reformasi dan meningkatkan kinerjanya berbasis pada madrasah itu sendiri (3) keharusan madrasah menerapkan sistem akuntabilitas ditingkat madrasah dan di depan publik (4) pemeliharaan status quo tidak lagi dianggap dapat diterima (5) Konsep kepemimpinan madrasah dipersepsi memcerminkan dinamika dan sikap proaktif. Dalam tulisan ini penulis menjelaskan bagaimana kepemimpinan pendidikan Islam dalam upaya melakukan transformasi melalui upaya benchmarking.

Article Details

How to Cite
Harahap, E. K., & Sumarto. (2020). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA BENCHMARKING. Jurnal Literasiologi, 3(3). Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/108
Section
Journal