Pedoman Penulisan

Pengiriman (submit) artikel untuk dipublikasikan di JLTP sepenuhnya menggunakan sistem OJS (https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jltp/about/submissions). Dokumen-dokumen yang harus disiapkan sebelum melakukan submission adalah Artikel Ilmiah dan Pernyataan Etika dan Perjanjian Transfer Hak Cipta. Artikel Ilmiah yang dapat dipublikasikan di JLTP harus memenuhi beberapa hal berikut:

  1. Artikel bersifat original karya penulis dibidang Teknologi dan Sistem Informasi, Komputer, dan Aplikasi.
  2. Panjang artikel diharapkan tidak melebihi 12 halaman termasuk Gambar, Tabel, dan Daftar Pustaka.
  3. Artikel harus ditulis dengan mengikuti gaya selingkung JLTP yang disediakan dalam pedoman dan template yang dapat diunduh disini.
  4. Artikel untuk JLTP harus mengikuti struktur berikut: Judul Jurnal, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Desain Sistem (opsional), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima kasih (Acknowledgement) bersifat opsional, dan Daftar Pustaka. Teorema/Persamaan yang sudah umum dan jelas tidak perlu ditulis, itu dapat diwakili oleh kutipan. Bukti atau teori hasil pengembangan penulis dapat ditambahkan setelah Pendahuluan.
  5. Semua penulis yang tersebut di artikel bertanggung jawab atas isi artikel dan menyetujui artikel untuk dikirim ke JLTP untuk dipublikasikan.
  6. Semua materi yang ada dalam artikel tidak melanggar plagiarisme, fabrikasi data, pemalsuan, duplikasi, dan pelanggaran hak cipta dan hak kekayaan intelektual apa pun dari orang atau entitas mana pun.
  7. Penulis bersedia mentransfer semua kepemilikan hak cipta dari artikel ini, dalam semua bentuk dan media ke Journal Literasiologi Teknologi Pendidikan (JLTP), jika artikel tersebut dipublikasikan oleh JLTP.
  8. Penyerahan/pengiriman (submit) artikel harus disertakan dengan Pernyataan Etika dan Perjanjian Transfer Hak Cipta. Etika publikasi secara lebih rinci dapat dibaca disini. Pernyataan Etika dan Perjanjian Transfer Hak Cipta harus dibaca, dipatuhi dan ditandatangani sebelum dikirim. Pernyataan Etika dan Perjanjian Transfer Hak Cipta dapat diunduh disini.
  9. Setiap artikel yang akan dipublikasikan di JLTP akan direview oleh setidaknya 2 reviewer dengan sistem peninjauan double-blind. Semua proses peninjauan dilakukan secara online melalui sistem OJS dan kemajuan proses publikasi dapat dimonitor oleh penulis melalui sistem OJS-JLTP.
  10. Durasi waktu yang diperlukan untuk proses publikasi di JLTP mulai dari penyerahan/pengiriman artikel sampai dinyatakan diterima oleh editor tidak akan sama tergantung pada proses review artikel. Selain itu, Editor tidak dapat menjamin waktu untuk menerbitkan dengan pasti, yang sangat bergantung pada waktu penyerahan artikel baru/revisi oleh penulis, proses review dan penyuntingan artikel.
  11. Pengeditan artikel sebelum dipublikasikan dilakukan oleh editor dan/atau dengan melibatkan penulis. Artikel yang telah dicetak dapat dibatalkan oleh editor jika ditemukan sesuatu yang melanggar etika publikasi (fabrikasi data, pemalsuan, plagiarisme).
  12. Apa pun yang menyangkut lisensi perangkat lunak komputer untuk pembuatan artikel atau hal-hal lain yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual, bersama dengan konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel.