KEGIATAN MEROBEK DENGAN MEDIA KERTAS DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPLAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK PERTIWI I KOTA JAMBI

  • Samsidar TK Pertiwi I Kota Jambi
Keywords: keterampilan motorik halus, kegiatan menggunting dengan berbagai media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak usia dini di kelompok B TK Pertiwi I Kota Jambi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus.

Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan motorik halus anak mencapai 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian keterampilan motorik halus Pra Tindakan kriteria kurang baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 47.3%. Hasil penelitian Siklus I kriteria cukup dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 62.2%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasil meningkatkan keterampilan motorik halus tetapi belum mencapai indikator keberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya.

Hasil Siklus II pencapaian kriteria baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 84.1%. Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1).menyiapkan media dan alat yang digunakan di kegiatan merobek dan menggunting, (2).memberikan contoh cara menggunting sesuai pola gambar, (3).membagikan media dan alat yang digunakan dalam kegiatan merobek dan menggunting secara proporsional untuk setiap kelompok, (4).anak diperkenankan melakukan kegiatan menggunting dengan berbagai media sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru.

Published
2019-07-09
How to Cite
Samsidar. (2019). KEGIATAN MEROBEK DENGAN MEDIA KERTAS DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPLAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B TK PERTIWI I KOTA JAMBI. Jurnal Literasiologi, 2(2), 15. Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/38