KEGIATAN BERCERITA DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK AL FALAH KOTA JAMBI

  • Suryani TK Negeri Pembina I Kota Jambi
Keywords: Metode Pembelajaran, Anak Usia Dini, Cerita Bergambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan media kartu huruf pada anak kelompok B di TK PertiwiII Kota Jambi. Kemampuan membaca yang ditingkatkan ialah menyebutkan Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kemampuan membaca awal di kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas.

Subjek penelitian ini sebanyak 17 anak. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media kartu kata. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi daftar cek (check List).Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca anak kelompok B di TK Pertiwi II Kota Jambi dapat ditingkatkan menggunakan media kartu huruf dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu angka dengan cara masing-masing anak membawa/memegang kartu angka secara langsung dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca awal yaitu pada kondisi awal sebesar 29,2% meningkat pada Siklus I menjadi 58,3% , dan Siklus II meningkat sebesar 83,3%.

Published
2019-07-09
How to Cite
Suryani. (2019). KEGIATAN BERCERITA DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK AL FALAH KOTA JAMBI . Jurnal Literasiologi, 2(2), 15. Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/39