PENINGKATAN MAHARAH AL KITABAH MELALUI PENERAPAN MEDIA LAUHAH AL JUYUB PADA SISWA MTsN ACEH UTARA

  • Yogia Prihartini UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Wahyudi yudi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nuraini aini MTsN 4 Aceh Utara
Keywords: Maharah al-Kitabah, Penerapan Media Lauhah al Juyub

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab yang diajarkan di Madrasah Tsanawiyah bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi secara lisan dan tulis dengan bahasa Arab. Selanjutnya inti dari maharah al-kitabah adalah agar siswa dapat mengungkapkan perasaan secara tulisan, namun kenyataan menunjukkan bahwa nilai siswa dalam pembelajaran maharah al-kitabah kurang memuaskan. Selain itu, pengalaman peneliti sebagai tenaga pengajar Bahasa Arab juga merasakan adanya permasalahan dalam pembelajaran kitabah ini, yaitu siswa kurang minat untuk belajar sehingga pelajaran Bahasa Arab dipandang sebagai pelajaran yang menakutkan. Oleh karena itu peneliti mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan yang menjadi PR berat bagi guru Bahasa Arab khususnya yaitu dengan menerapkan sebuah media yang bertujuan agar dapat meningkatkan pembelajaran kitabah dan menyenangkan, maka pembelajaran dengan teknik penerapan media lauhah al-juyub diharapkan dapat menjadi solusi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX.B semester satu MTsN 4 Aceh Utara Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media Lauhah al Juyub dapat meningkatkan pembelajaran maharah al-kitabah dan respon siswa terhadap pembelajaran adalah aktif, kreatif dan menyenangkan.

Published
2019-01-05
How to Cite
Prihartini, Y., yudi, W., & aini, N. (2019). PENINGKATAN MAHARAH AL KITABAH MELALUI PENERAPAN MEDIA LAUHAH AL JUYUB PADA SISWA MTsN ACEH UTARA. Jurnal Literasiologi, 1(1), 20. Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/4