UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAM FATMAWATI KECAMATAN TELANAI PURA KOTA JAMBI

  • Megawati TK Islam Fatmawati Kota Jambi
Keywords: Anak usia Dini, Media Pembelajaran, media kartu angka

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang penulis lakukan berkaitan dengan masalah yang dihadapi baik oleh guru maupun anak, yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan anak mengenal angka melalui media kartu angka. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan anak dalam mengenal angka melalui media kartu angka, agar lebih menarik dan menyenangkan. Sumber data penelitian ini adalah anak TK Islam Fatmawati sejumlah 21 orang anak. Waktu penelitian pada semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan selama 3 bulan dari bulan Januari s/d Maret 2019. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran.

Data yang diperoleh kemudian dianalisa guna untuk mengetahui tingkat penguasaan anak terhadap lambang bilangan 1-10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal angka melalui media kartu angka pada anak kelompok B dengan metode selain media kartu angka pada studi awal: anak yang belum mampu mengenal angka sebanyak 16 orang (76,19%), anak yang mulai mengenal angka 3 orang (14,29%) dan anak yang telah mengenal angka 2 orang (9,52%).

Setelah menggunakan media kartu angka pada siklus I dan II, diketahui bahwa:1) anak yang tidak mampu mengenal angka 0 orang (0%), 2) anak yang mulai mampu mengenal angka berjumlah 3 orang (14,29%), 3) anak yang sudah mampu mengenal angka berjumlah 18 orang (85,71%).

Published
2019-07-09
How to Cite
Megawati. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK (TK) ISLAM FATMAWATI KECAMATAN TELANAI PURA KOTA JAMBI. Jurnal Literasiologi, 2(2), 15. Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/43