UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI

  • SITI AISYAH TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi
Keywords: Meningkatkan Kopetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran

Abstract

Salah satu tugas guru adalah mengajar dan mendidik serta menjadi contoh tauladan bagi anak didiknya. Jadi dengan demikian guru harus terus meningkatkan cara mengajar dan mendidik anak didiknya sehingga menjadi lebih baik. Rumusan maslaah dari penelitian ini Apakah dengan bimbingan berkelanjutan akan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RKM dan RKH di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi ?

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di sekolah tempat peneliti bekerja.

Dimana perkembangan anak harus di kembangkan, karena perkembangannya akan menentukan untuk perkembangan selanjutnya, dengan demikia guru harus meningkatkan cara mengajarnya dengan menyusun renacana program pembelajaran agar menjadi guru yang fropesional.

Penelitian ini menggunakan metode siklus, di mana siklus ini di bagi menjadi dua tahapan. Siklus pertama dengan memberi panjelasan dan guru diberi kesempatan untuk membuat RKH dan RKM sendiri, kemudian di lanjutkan dengna siklus yang ke dua, dimana guru sudah muli bida dan mampu membuat RKH dan RKM dengna baik sesuai dengan yang di minta..

Hasil penelitian yang di lakukan melalui siklus ternyata guru-guru di TK Pembina 2 kota Jambi telah mampu membuat RKH dan RKM sendiri, dengan hasil > 90 %.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan memberikan bimbingan berkelanjutan kepada guru-guru di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RKH dan RKM.

Published
2019-07-09
How to Cite
AISYAH, S. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. Jurnal Literasiologi, 2(2), 17. Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/46