PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH MELALUI WORKSHOP DI DABIN 1 BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2020

Main Article Content

Supeno

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah Melalui Work Shop Di Dabin I Bidang Pendidikan Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Tahun 2020, Melalui workshop diberikan pembekalan dan bimbingan teknis penyusunan RPS untuk seluruh Kepala Sekolah di dabin I Bidang Pendidikan Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo Pada proses perkembangan kemampuan menyusun RPS, dilakukan perbaikan perbaikan terhadap draf – draf awal RPS. Dengan adanya umpan balik dari fasilitator diharapkan ada motivasi sehingga kemampuan menyusun RPS dapat ditingkatkan.


Berdasarkan hasil analisis pada tiap-tiap siklus menunjukkan peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS yakni : peningkatan banyaknya dan peningkatan nilai yang berhasil atau layak bagi Kepala Sekolah yang mampu menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) dari siklus I ke siklus II .


Dengan workshop kemampuan Kepala Sekolah dapat ditingkatkan utamanya kemampuan menyusun RPS yang sebelumnya mereka beranggapan bahwa RPS adalah pelengkap administrasi kepala sekolah belaka. Hal ini dibuktikan dari tidak membuat kemudian pada siklus I kepala sekolah memperoleh nilai rata-rata 78,80 dan meningkat menjadi 82,80 pada siklus II . Maka \dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 4,00. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan Work Shop dapat meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah dalam menyususn RPS pada dabin I Bidang Pendidikan Kecamatan Kalikajar. Maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti benar.

Article Details

How to Cite
Supeno, S. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH MELALUI WORKSHOP DI DABIN 1 BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2020. Jurnal Literasiologi, 3(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.113
Section
Journal