Pemanfaatan Hasil Akreditasi Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global (Studi di MAN Insan Cendikia Serpong)

  • Emmi Kholilah Harahap STAI Ma’arif Jambi
Keywords: Manajemen, Madrasah, Berprestasi, Mandiri, Islami, Berdaya saing Global

Abstract

Penelitan ini berjudul Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami Dan Berdaya Saing Global (studi di MAN Insan Cendikia Serpong). MAN Insan Cendikia Serpong sangat memperhatikan mutu layanan belajar bagi siswa dengan maksimal, mutu mengajar guru, kelancaran layanan belajar, kenyamanan ruang belajar serta sarana prasarana lain,  kesempatan dalam menggunakan fasilitas serta layanan madrasah, budaya madrasah dan adanya dukungan dari masyarakat. MAN Insan Cendikia Serpong, dalam mengembangkan dan meningkatkan prestasi madrasah tidak lepas dari berbagai strategi, misalnya melakukan seleksi ketat dalam penerimaan mahasiswa baru yaitu dengan tes psikologi, tes potensial akademik, tes kesehatan dan wawancara, mengembangkan proses pembelajaran yang diarahkan pada penguasaan “basic knowledge of science and technology” dan “leadership life skill” atas dasar “asah, asuh, asih dan ajrih”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa manajemen madrasah dapat menjadikan madrasah yang berprestasi, mandiri, islami dan berdaya saing global, untuk mengetahui manajemen madrasah di MAN Insan Cendikia Serpong dan untuk mengetahui bagaimana madrasah yang menjadikan  MAN Insan Cendikia Serpong madrasah yang berprestasi, mandiri, islami dan berdaya saing global.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk menguraikan, menggambarkan, menggali dan mendiskripsikan secara mendalam bagaimana manajemen madrasah di MAN Insan Cendikia Serpong, sehingga menjadikan madrasah yang berprestasi, Mandiri, islami dan berdaya saing global.

Hasil penelitian menunjukkan kerja keras yang dilakukan seluruh warga MAN Insan Cendikia Serpong dalam menghantarkan peserta didik menjadi insan berprestasi, Mandiri, islami dan berdaya saing global dapat dilihat dari keefektipan dalam semua perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang berlangsung di MAN Insan Cendikia Serpong. Keefektipan ini dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: (1) MAN Insan Cendikia Serpong dalam mengembangkan mutu pendidikan. (2) MAN Insan Cendikia Serpong dalam Menerapkan manajemen Madrasah. (3) MAN Insan Cendikia Serpong dalam Pengoptimalan Fungsi Organisasi Kelembagaan

Published
2019-01-05
How to Cite
Harahap, E. K. (2019). Pemanfaatan Hasil Akreditasi Manajemen Madrasah Berprestasi, Mandiri, Islami dan Berdaya Saing Global (Studi di MAN Insan Cendikia Serpong). Jurnal Literasiologi, 1(1), 28. Retrieved from https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/13